Sunday, November 20, 2016

Workshop OpenStack Administration


Sabtu lalu (19/11/2016) saya mendapat kesempatan untuk ikut lokakarya (workshop) OpenStack Administration (Angkatan II) yang diselenggarakan oleh Btech, komunitas GLIB, dan OpenSUSE ID. Yang menjadi instrukturnya adalah Utian Ayuba dan mas-mas dari GLIB yang saya lupa namanya. Acara tersebut berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB tapi saya datang sekitar pukul 09.20 WIB karena saya kira naik CommuterLine dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Bogor hanya menempuh satu setengah jam, ternyata sampai dua jam. Alhasil saya datang ketika pihak dari Biznet GioCloud sedang presentasi dan suvenir sudah dibagikan. Nyesel deh dateng telat, gak dapet suvenir dari Biznet GioCloud (mug, buku catatan, dan pulpen) :(

Tidak lama setelah saya datang, presentasi dari Biznet GioCloud pun selesai. Setelah itu Pak Utian memulai pembahasan mengenai hal-hal yang membedakan antara On-Premise dan Cloud, karakteristrik Cloud, tipe-tipe Cloud, model Cloud, jenis pengguna yang memakai Cloud, tipe-tipe Virtualisasi, sampai membahas tentang Software Defined Network (SDN). Tujuannya agar pengertian mengenai hal-hal tersebut sama antara instruktur dan peserta. Berkas presentasinya dapat diunduh di sini. Setelah itu sesi praktik dimulai, para peserta diberikan server virtual (VPS) khusus untuk menginstal OpenStack dengan alamat IP sesuai dengan nomor urut pendaftar. Selanjutnya tentang instalasi OpenStack akan dibahas di pos yang berbeda.

Praktik berlangsung seru, setiap selesai mengesekkusi satu BASH Script, Pak Utian menanyakan apakah terjadi error atau tidak dan kalau terjadi error Pak Utian atau mas-mas dari GLIB membantu menyelesaikan errornya. Saking serunya sampai-sampai saya baru sadar sudah pukul 12.00 WIB. Pak Utian mempersilakan peserta istirahat sampai pukul 13.00 WIB. Setelah istirahat, praktik dimulai kembali. Pada sesi ini mas-mas dari GLIB yang menjadi instruktur sampai sekitar pukul 15.00 WIB, baru setelah itu Pak Utian kembali menjadi instruktur. Praktik berlangsung sampai pukul 17.00 lalu diakhiri dengan sesi foto-foto, setelah sesi foto-foto saya dapat suvenir pulpen yang ditinggal pemiliknya. Daripada nganggur, lebih baik saya ambil :p. Peserta pun pulang, ada yang naik kendaraan umum, pribadi, sampai nebeng dengan yang lain. Saya dan beberapa peserta yang lain nebeng mobilnya Pak Utian sampai Stasiun Bogor.

Terima kasih untuk Pak Utian Ayuba, mas-mas dari GLIB, para penyelenggara maupun sponsor yang mendukung acara ini. Rasa penasaran saya untuk ngulik tentang OpenStack jadi bertambah. hehehe..

Sekian pos curhatan kali ini. Berikut suvenir yang bisa saya dapat dari acara tersebut.

Hehehe... malah bahas suvenir terus. :p

No comments:

Post a Comment